Harga Motor Bekas

Daftar Harga Motor Terbaru

harga_motor_bekas

Cara Memperkirakan Harga Motor Bekas Dijual

Leave a comment

Memperkirakan harga motor bekas memang susah-susah gampang. Cara mengukur harganya juga tergantung dari banyak faktor. Misalnya, tahun pembuatan, harga pasaran motor baru, harga yang dijual di showroom-showroom motor bekas, dan lain-lain. Pokoknya memang ribet-ribet gampang. 😀 Tetapi, memperkirakan harga bukan perkara yang sulit kok.

Kita cuma butuh beberapa parameter untuk memperkirakan harga motor bekas tersebut, nah dari parameter itulah kita dapat menentukan harga terendah dan harga tertinggi dari sebuah motor bekas. Berapa harga beli yang dikeluarkan untuk sebuah motor bekas ya berdasarkan parameter yang telah kita buat, termasuk juga berapa harga jual untuk melepas sebuah motor bekas. Simpelnya, jual beli itukan tawar menawar hingga dicapai harga keseimbangan. Nah, harga keseimbangan inilah yang menjadi harga motor bekas tersebut.

Persoalannya, jika salah satu pihak kurang menguasai parameter-parameter dalam menentukan harga motor bekas, maka pihak tersebut cenderung dikatakan rugi dalam sebuah transaksi jual beli motor bekas. Lazimnya, pihak yang mengalami kondisi demikian adalah pihak pembeli. 😀 Mengapa?? Karena pihak penjual umumnya lebih menguasai ukuran-ukuran dalam menentukan harga motor bekas tersebut.

Makanya, biar afdol dan seimbang, antara pembeli dan penjual harus sama-sama saling menguasai tentang barang yang diperjualbelikan itu. Untuk itu, silakan kamu cek parameter dan ukuran dalam menentukan harga sebuah motor bekas.

  1. Cari tahu harga terbaru dari motor bekas yang ingin dibeli. Jadikan sebagai patokan untuk menentukan harga termahal yang bisa Anda dapat dari motor bekas tersebut.
  2. Cari tahu tahun pembuatan motor. Bila tahun pembuatannya sudah lama harganya tenetu bisa turun atau lebih murah dibandingkan dengan motor yang tahun pembuatan yang masih baru.
  3. Coba hitung durasi pemakaian dengan melihat speedometer. Semakin lama durasi pemakaian akan membuat kondisi mesin cepat turun dan harganya bisa lebih rendah daripada motor yang jarang digunakan.
  4. Dapatkan informasi tentang lokasi pemakaian motor sebelumnya, lokasi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap sebuah motor terutama pada mesin. Motor sering digunakan pada jalan yang tidak bagus atau daerah yang bergelombang, harganya akan lebih murah daripada dengan motor yang digunakan di jalanan yang mulus.
  5. Cari tahu tentang riwayat pemakai. Bila pemilik sebelumnya menggunakannya dengan hati-hati dan rajin merawat motor tentu harganya akan menjadi lebih mahal, namun ini tidak akan merugikan Anda, karena motor dalam keadaan yang masih bagus ketika di tangan Anda.
  6. Cari tahu kelengkapan surat dan bukti kepemilikan motor. Harga motor bekas yang tidak memiliki surat bukti kepemilikan biasanya sangat murah. Namun sebaiknya Anda tidak membeli motor tanpa kelengkapan surat dan bukti kepemilikan. Selain mengurusnya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, Anda juga beresiko berhubungan dengan hukum bila ternyata motor tersebut adalah hasil curian.

Nah, tidak sulit kan menentukan berapa harga sebuah motor bekas? Pada prinsipnya, jual beli itu adalah kepercayaan kok. Hanya saja, lazimnya manusia cenderung suka memanipulasi satu dan yang lainnya. Hehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s